SEKITAR PPMU - UNILA

 


Universitas Lampung (Unila) telah lama menerapkan penjaminan mutu pendidikan. Sosialisasi dan penerapan Total Quality Management (TQM) telah dilakukan sejak tahun 1980. Untuk memudahkan penjaminan mutu, Unila telah menetapkan standar mutu kinerja pendidikan yang tercantum dalam Peraturan Akademik Unila. Sejak tahun 1995, berbagai program penjaminan mutu pendidikan untuk mencapai standar mutu telah banyak dilakukan Unila dengan menggunakan dana rutin maupun dana hibah kompetitif.

 

Pada tahun 1997, Unila membentuk Tim Kendali Mutu Unila yang kemudian direvisi pada tahun 2003 menjadi Tim Jaminan Mutu (Tim Quality Assurance, QA). Agar monitoring dan evaluasi bisa dilakukan lebih efisien, pada tahun 2004 Unila membentuk Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev). Untuk lebih meningkatkan pelaksanaan monev pada tahun 2005 Unila membentuk Kantor Penjaminan Mutu Universitas (KPMU).

 

Sejak tahun 2005, KPMU telah melakukan monev kinerja semua jurusan dan laboratorium di lingkungan Unila. Personil KPMU dipilih terutama berdasarkan komitmen terhadap penjaminan mutu di Unila.

 

Sampai dengan akhir tahun 2008, KPMU Unila telah melakukan 4 (empat) siklus kegiatan monev dan audit internal untuk mutu perkuliahan oleh dosen, kinerja jurusan /bagian, dan kinerja laboratorium di Universitas Lampung.

VISI

 

"Pengembang sistem penjaminan mutu terhandal pada tahun 2025"

MISI

 

  1. Mengembangkan sistem penjaminan mutu Unila secara sistematis, bertahap, kosisten dan berkelanjutan.
  2. Menjalin kerja sama dengan institusi lain dalam hal penjaminan mutu.
  3. Mengaudit kinerja Unila secara sistematis, bertahap, kosisten dan berkelanjutan.

TUJUAN

 

  1. Membantu terwujudnya budaya mutu di Unila.
  2. Membantu pimpinan Unila untuk meningkatkan mutu kinerja Unila secara sistematis, bertahap, konsisten dan berkelanjutan.
  3. Membantu meningkatkan daya saing Unila.
Design downloaded from here.